Posted by : Unknown Kamis, Juni 23, 2011

kisah pengalaman saya 3thn lalu:
perhitungan normal jika berangkat pada malam hari pukul 22.00. Perjalanan di mulai dari pos-I (ranu pane). selama sepanjang perjalanan anda tidak akan menjumpai tempat camp. anda hanya akan bisa nge-camp setiba di ranu kumbolo.untuk tracknya menuju ranu kumbolo tidak se-extrim yang anda bayangkan dan jangan lupa "jangan melamun usahakan pikiran tetap bekerja dan fokus" baik waktu siang atau malam.

@05.00 tiba di ranu kumbolo (-+7 jam perjalanan) bisa kurang dari itu. setiba di ranukumbolo usahakan manfaatkan dengan baik waktu2 itu untuk masak2,tidur2, karena perjalanan baru separohnya. kemudian perjalanan saya teruskan kembali pukul 10.00, jangan lupa bawa air seperlunya saja karena anda akan menjumpai mata air di kalimati (itu 3tahun yang lalu dan agak jauh tempatnya, kalo untuk jaga2 anda bisa bawa full dari ranu kumbolo). perjalanan ke kalimati track nya agak extrim dari sebelumnya.

@16.00 kami tiba di kalimati (-+ 6 jam perjalanan).di situ anda bisa lihat pos yang terakhir (lupa persisnya pos yg keberapa) disni anda bisa istirahat sebentar masak2 dan tidur2. disini adalah base terakhir untuk perbekalan Air anda. setelah diteruskan kembali sekitar pukul 17.00 menuju camp lereng semeru (lupa namanya,tp sepertinya "arcopodo"). hati-hati dengan tracknya kali ini. jalannya tipis mepet dengan jurang/kawah dan sangat extrim disinilah tenaga anda sudah terkuras habis dan ngos-ngosan karena lapisan udanya sudah tipis, tapi jangan lupa tetap semangat. usahakan kalo lagi naik jangan injak batu yang kondisinya labil, karena akan logrok mengenai teman anda. disini anda hanya akan bisa berpegangan pada akar2 pohon. pukul 19.00 kondisi sudah agak gelap.jd persiapkan sebelumnya seperti senter dan lainnya. pada track ini jangan lupa selalu kontrol teman, karena track sudah kacau, rusak, buntu, dan sangat gelap.

@22.00  carilah tempat camp. anda bisa istirahat masak,usahakan minuman saja seperti energen untuk menghangatkan badan.karena logistik anda masih akan digunakan ketika pulang nanti. dan sekitar pukul 12.00/01.00 anda harus memulai perjalanan. kepuncak mahameru jadi anda harus istirahat.

@01.00 berangkat ke mahameru.jika ada yang tidak ikut naik. mending temannya itu di suru jaga barangnya aj. atau kalo mau ikut naik smwa barangnya bisa di tinggal didalam tenda ko. kalo takut ilang bisa dipack barangnya dan ikut dibawa naik (saran agar tidak membawa barang terlalu banyak seperlunya saja,yang lain di tinggal di tenda.karena tracknya naik) untuk track ke mahameru sudah banyak bercabang,tp jangan kwatir anda akan menjumpai banyak orang dengan tujuan yang sama. tp kl tidak ada orang lain yang naik,hanya anda saja sebagai patokan adalah gunung semerunya itu saja. hati-hati ditrack ini ada track yg udah putus, jadi harus turun ngrengkel. jika sudah lihat tracknya berdebu/berpasir teruslah naik jika sudah agak terlalu tinggi usahakan badan agak di condong kedepan karena kondisi track sudutnya 45ยบ (maknnya saran saya jgn bawa barang terlalu banya,bisa-bisa anda jumplang kebelakang dan turun2 sampai ke dasar tanpa berhenti). teruslah naik dan dijamin tiap 6langkat anda akan ngos-ngosan. karena kondisi udara sudah sangat tipis. jangan lupa semangat tinggal sedikit lagi dan semua jerih payah anda akan terbayar lebih. d tengah perjalanan anda akan menjumpai pohon cemara, yang d namai cemoro tunggal. disitulah semangat dan tenaga di carge FULL kembali.karena perjalanan hanya tinggal beberapa menit lagi.(ayooooo semangaaaaatttttt)

(well done!!) dan bisa dibayangkan seperti apa pemandangan diatas sana. . .(good luck!!)

*untuk kalkulasi waktu,bisa anda sesuaikan sesuai dengan kebutuhan. (saran kalau berangkat enak pagi karena udaranya msh sangat segar sekali, juga bisa lihat pemandangan yang bagus2, jgn lupa hemat baterai untuk foto2 di puncak nanti,hehe).

Penting:
Regu harus dibentuk dalam tiga team :
1. team LEADER penunjuk jalan (bagi yang benar2 sudah tau jalan), posisi : depan
2. ANGGOTA team (bagi yang tidak tau jalan), posisi : tengah
3. team SWEEPING (tim penyapu jika ada anggota yang tersesat), posisi : belakang

*bagi ANGGOTA yang tertinggal dan tidak tau jalan, lebih baik berhenti nunggu team SWEEPING datang.

(untuk rule PULANG akan dijelaskan pada sesi berikutnya.)

2 Responses so far.

  1. pos sebelum naek cemoro tunggal .. arcopodo pet.. ayo kapan maneh>? opo neng argopuro ae pet piye..

  2. Unknown says:

    oio arcopodo...hehe,serah!! oyi tok wess ko' pokok free. .

- Copyright © Ini baru H:I:D:U:P - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -